Advertisements

POTRET PENDIDIKAN DI TENGAH DEBURAN PETRO DOLLAR

8 01 2015

gaess ini adalah titipan tulisan seorang sahabat saya, beliau seorang dosen disebuah Perguruan Tinggi Negeri di Madura. Sahabat saya ini begitu mirisnya melihat kondisi tempat belajar adik adik kita yang memprihatinkan, padahal disekelilingnya ada “surga” yang tak sudi menolehnya…

POTRET PENDIDIKAN DI TENGAH DEBURAN PETRO DOLLAR

Bagaimanapun pendidikan tak akan membuat kaya seperti “memelihara tuyul” yang katanya bisa mendadak tajir dalam semalam. Pun pendidikan tak akan merubah wajah negara menjadi “loh jinawi” dalam hitungan 100 hari (seperti target yang sering disebut oleh oposisi maupun kroni). Namun semua mengakui bahwa pendidikan adalah investasi mutlak atas sebuah kebaikan, kemakmuran, kesejahteraan, kedamaian bahkan keabadian.

Ah….mungkin saya salah: Bisa jadi pendidikan adalah aktivitas yang jika sempat dilakukan dan jika tidak ya ndak usah saja. Atau jikapun dilakukan ya seadanya saja. Karena apa??? adalah Roudlatul Athfal (TK), Madrasah Ibtidaiyah (SD) dan Madrasah Tsanawiyah (SMP) Miftahul Ulum Desa Pulau Mandangin: sekira 4 km arah selatan Pelabuhan Tanglok Sampang atau 2 jam perjalanan perahu dari sampang Madura membuktikan hal ini.

Sudah kurang lebih enam bulan, tiga jenjang pendidikan dengan jumlah siswa ratusan ini melaksanakan proses belajar mengajar tanpa gedung sekolah. Hu um….iyya bener!! mereka melaksanakan pembelajaran di kamar pesantren. Pesantren gedung??? Ogak!!! Kamar pesantren terbuat dari papan kayu bangunan panggung bolong-bolong, yang kalau malam dibuat tidur santri dan kalau pagi hingga siang untuk sekolah. Luas???? Boro-boro dah bray…..dengan luas kamar sekitar 2,5 X 3 meter diisi 25-30 siswa. Kebayang juga kan gimana sesaknya?? Di gambar juga keliatan tuh pakaian santri yang bergelayutan laksana hiasan hari raya imlek. Bedanya ini yang bergantungan adalah sarung, baju, celana, kopiah….*kayaknya santrinya sopan karena gak ada cancut yang menggantung :)*

Meski demikian jangan ditanya semangat mereka: Lantunanan hafalan alfiah, hafalan surat-surat pendek, uraian ilmu hayati hingga aljabar. Serta riuhnya lagu dan permainan khas anak TK saut menyaut menjadi satu. Sepertinya mereka menghayati betul makna filsafat yang menyatakan bahwa: masalah akan menjadi masalah jika dianggap masalah; namun masalah menjadi tak masalah jika dianggap tak masalah (ah…saya juga lupa sanad dari statemen ini). Atau bisa jadi mereka sudah bisa memaknai arti bersyukur: masih syukur kalo berangkat sekolah gak meniti jembatan indiana jones, masih syukur di sekolahan masih ada yang ngajar (jangan ditanya berapa gajinya ya?) dan ….ujungnya masih syukur masih da sekolah yang bisa buat sekolah- dan syukur-syukur yang lain ….

Sudahlah!! Ini bukan soal pasrah ataupun bersyukur. Tapi ini adalah soal MALU: malu karena ini adalah ponpes mitra pengabdian PTN terkenal di Madura, malu karena lokasinya hanya sedurasi pemutaran film hollywood dari pusat kota, malu karena dua off-shore migas yang menghasilkan petro dollar hanya selemparan batu dari lokasi, malu karena bisa jadi dari lokasi inilah republik ini masih berdiri.

Lebih malu lagi ternyata Ponpes sudah berinisiatif membangun sendiri tanpa ada ucapan/ kerlingan/ kode apalagi titah permintaan sumbangan dari Kyai-apalagi mendekati dan bergaya politisi (ini yang Top beud). Padahal Mulai Wagub, Bup, Wabup, Rek, Dek, Prof, Dr, dr, Master dan tentunya para bakal calon legislatif dan eksekutif pada musim kampanye pernah berkunjung di marih. Obsesi bangunan sekolahan tertatih tatih justru sedang dibangun di ujung pulau dari himpunan masyarakat dan hasil menggadaikan perhiasan dari umat yang masih berniat. Desain gedung sedang dikerjakan dengan upah Tuhan oleh arsitek icha (putri ibu @umi Purwandari).
ah…..Gak tau akan ada siapa lagi???? 

(oleh Ikhsanudin )

10897750_10204200313465760_4322145990145262026_n

Advertisements

Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: