Advertisements

Binter Merzy Sang Bintang Terang yang semakin benderang

3 12 2014

Halo gaess,  ada motor jadul yg lagi bersinar nih seperti namanya, semakin hari harganya semakin meningkat, mungkin ini dipengaruhi tren custom yg sedang mewabah. memang motor ini secara tongkrongan motor ini sudah dapet aura cruisernya sehingga asik banget untuk di custom.

yups.. apalagi kalo bukan Kawasaki KZ-200, atau lebih dikenal dengan Binter Merzy. Dinamai Binter dari kata Bintang Terang yaitu distributor tunggal pemegang merek yang mengimportnya dari Jepang.

Motor batangan ini pertama kali didatangkan ke Indonesia secara CBU pada tahun 1980, dan menjadi pelopor motor sport ber kubikasi lumayan besar 200 cc. Peredaran Kawasaki KZ-200 di Indonesia boleh dibilang agak singkat, kurang lebih 6 tahun saja. Berawal tahun 1980 dan berakhir pada tahun 1986.

Demi mendongkrak tampilan dan performa di era itu, KZ-200 mengalami  kurang lebih 4 kali perubahan teknologi dan little bit facelift.

binter

Pada tahun 1980 s/d 1981, Binter Merzy pertama kali keluar dengan mengandalkan pengapian platina, model tangki mempunyai lekuk sedikit membulat, lampu depan bulat, lampu belakang kotak sedikit berlekuk membulat, pada dasbor speedo tidak ada indikator fuel meter dan berspion bulat.

Pada tahun 1982, hampir masih sama dengan model tahun 81, hanya bedanya pada lampu depan yang sudah menggunakan model kotak.

binter merzy1

Pada tahun 1983, Binter Merzy melakukan little bit facelift pada bagian lampu sein depan belakang dengan mengambil bentuk kotak, design tangki sudah meninggalkan kesan bulat dan sudah menerapkan pengapian CDI.

Pada tahun 1984 awal s/d 1985, Binter Merzy ini, melengkapi mesinnnya dengan engine balancer, lampu utama depan belakang sudah kotak, lampu sein depan belakang kotak, pada speedo meter sudah ada panel indikator fuel meter, kedua spion berbentuk kotak dan model tangkinya, mirip kepala ular kobra, dan sampai sekarang untuk Binter Merzy keluaran terakhir disebut  Merzy Kobra.

binter merzy

Adapun spesifikasi dari KZ-200, selain pengapiannya ada yang menggunakan platina maupun CDI,

mesin menggunakan teknologi 4 langkah berkubikasi 198cc SOHC berpendingin udara, Bore x Stroke adalah 66 x 58mm, Rasio kompresi 9.0:1, Torsi 16.8nm pada 7.000rpm, Berkarburasi Keihin 26-PW, Bertransmisi 5 percepatan, menggunakan roda depan berdiameter 18″-275 berpenghenti laju disk brake, sedangkan belakang 17″-350 dgn pengereman tromol, dan total berat keseluruhan motor ini adalah 136kg. Full speed sampai 120kph.

Dan sekarang harga pasaran motor legend ini semakin hari semakin mahal, for sample aja di daerah Semarang harga motor KZ200 ini jika kondisi standar dan original nyampe ke level 20 juta. ebusedd!!! harga secondhand motor baru aja kalah gaess!!!! ya wajar aja sih karena banyak permintaan pasti harga semakin melonjak. Untuk sparepart tenang sob… sekarang udah jaman internet, info sparepart KZ200 udah banyak di socmed dsb.

so…. semakin tua itu semakin kereeenn gaeeesss :mrgreen:

Advertisements

Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: