Advertisements

Knalpot Racing Dan Undang Undang

17 12 2013

Lagi anget nih sob tentang tindakan tegas yg akan dilakukan oleh penegak hukum kita kepada para pengguna knalpot racing pada sepeda motor, saya termasuk yang setuju banget dengan tindakan ini, saya juga sering terganggu dengan suara terlalu keras dari knalpot racing yg kadang memekakkan telinga.
tapi kadang saya juga ‘terhibur‘ dengerin knalpot racing  yg suaranya gemerincing halus untuk motor 2 tak, dan ngebas bulet stereo (maksude piye iki 😆 ) untuk yg 4 tak.

 

image.php

ini acuan undang2nya pasal 210, UU no.22 tahun 2009 walaupun masih belum terperinci masih multitafsir dan masih menunggu PP untuk menafsirkannya

pasal-210-uu-no-22-tahun-2009

 

sejak Juli 2013 kemaren ketentuannya menjadi, motor 80cc ke bawah sebesar 77 desibel. Sedangkan yang di atas 80cc hingga 175cc sebesar 80 desibel dan yang di atas 175cc sebesar 83 desibel.

ini tabelnya : diambil dari buku panduan yang disosialisasikan saat menjelang mudik Lebaran 2011.

desibel-kebisingan

(gambar dari blog edo rusyanto)

woh apa itu kok ada lambang dB apa itu yg disebut desibel? saya juga belum ngeh mari kita cari tau :mrgreen:

kalo kata Wikipedia gini nih

Desibel (Lambang Internasional = dB) adalah satuan untuk mengukur intensitas suara. Satu desibel ekuvalen dengan sepersepuluh Bel. Huruf “B” pada dB ditulis dengan huruf besar karena merupakan bagian dari nama penemunya, yaitu Bell.

Desibel juga merupakan sebuah unit logaritmis untuk mendeskripsikan suatu rasio. Rasio tersebut dapat berupa daya (power), tekanan suara (sound pressure), tegangan atau voltasi (voltage),intensitas (intencity), atau hal-hal lainnya. Terkadang. dB juga dapat dihubungkan dengan Phon dan Sone (satuan yang berhubungan dengan kekerasan suara). Untuk mengukur rasio dengan menggunakan dB dapat digunakan logaritma.

nah bingung kan? sama saya juga bingung 😆

pokokna mah ngukur intensitas suara satuannya desibel gitu :mrgreen:

naaahhhhhh dari sini ada beberapa pertanyaan yang mengganjal di kalbuh (halah)
Pertama, mengacu ke peraturan per Juli 2013 ambang kebisingan motor 80cc ke bawah  77 desibel, di atas 80cc hingga 175cc sebesar 80 desibel, di atas 175cc sebesar 83 desibel. itu maksudnya apa dan ngitungnya gimana? sebagai orang awam kita tak pernah tau perihal hitung menghitung desibel. Apakah knalpot bawaan pabrikan itu sudah aman dibawah ketentuan batasan?

Kedua, jika memang akan ditegakkan petugas penegak hukum di lapangan apakah sudah dibekali dengan alat pengukur yg baku jika belum jangan bilang hanya mengandalkan kemampuan ‘feeling‘ dan pendengaran penegak hukum dilapangan saja. terlalu subyektif dan rawan penyelewengan. Dan menimbulkan ‘gebyah uyah‘ pokonya knalpot yg berbentuk racing atau bukan standar akan di tindak, nah kalo knalpot pabrikan tapi sudah ‘dibobok‘ ? gimana?

Ketiga, jika ini diterapkan mungkin motor2 besar yg udah ‘ngeblarrrr’ dari sononya walaupun pake knalpot bawaan pabrikan akan sirna dari peredaran :mrgreen:

okelah, pada prinsipnya kita semua setuju tentang penegakan hukum, kita juga sering terganggu dengan suara2 bising kenalpot yg memekakkan telinga, tetapi kembali lagi penegakan hukumnya harus obyektif dan adil, karena tak semua knalpot racing atau aftermarket menimbulkan suara yg bising atau memekakkan telinga.

 

Advertisements

Actions

Information

9 responses

17 12 2013
ipanase

siyap lek,, methodene ruwet lho,, ga gampang, ragu pak pol gelem ngetese :v

17 12 2013
kidemang soegax

ruwet ancene….

17 12 2013
dhanicsetio

heheh snalpotku suorone wes adem 😛

17 12 2013
kidemang soegax

lebokke kulkas po lik? 😀

17 12 2013
jahe

mending go tuku beras drpd knalpot racing wkwkw

17 12 2013
kidemang soegax

sesuk yen proyeke sido tuku senalpot karo breket pesek lik 😀

21 12 2013
smartfaiz

Volume segitu diukur di rpm berapa? Sampai red line kah ?

21 12 2013
kidemang soegax

mungkin iya maksimalnya

25 12 2013
motogokil

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: