Advertisements

Ban Tubeless Kempes dan Teori Kinetik Gas, Opoo Meneh Kui???

21 11 2013

Salamalaikum sobs! lama gak posting nih maklum sibuk suting setriping :mrgreen:

udah beberapa hari ini ada yg aneh dengan ban tubeless si maung (whitedemang udah dituker beras 😆 ), dengan notabene velg dan ban baru kondisi ban full angin tapi jika semalam diparkirkan di garasi rumah, eh paginya langsung sudah kempes, apa mungkin harus diparkir dihati Asmirandah atau Tyas Mirasih aja?? eeaaaaaaa :mrgreen:

Udah sy cek dengan nyabun (maksudnya dengan diberi air sabun pada velg dan ban :mrgreen: ), dan di opname di tukang tambal ban profesional 😀 tapi tidak menemukan tanda2 kebocoran baik dari ban ataupun pada velg.

unduhan

 

sampai masih penasaran dengan fenomena aneh ini karena logikanya jika ban kempes pasti ada udara dalam ban yg botjor.. botjor!! apakah ini karena guna2? atau bannya kena santet?? 😆 …
sampai suatu ketika (jiah) saya brosing2 dan menemukan teori yg menarik dan sangat logis dan jauh dari kesan mistis :mrgreen:

Teori kinetik gas dan ban kempes
Seperti yang kita tahu, ban terbuat dari karet yang berisi udara. Udara merupakan gas, oleh karena itu berlaku teori kinetik gas. Pada dasarnya gas terdiri dari partikel yang terus bergerak dinamis sehingga menyebabkan tekanan pada gas. Semakin cepat gerak partikel, maka akan semakin tinggi pula tekanan gas.
Secara alamiah sebenarnya ban mengalami pengurangan tekanan tapi tidak ekstrim.

Gerak partikel dipengaruhi oleh suhu. Suhu panas akan mempercepat gerak partikel, dan otomatis akan meningkatkan tekanan ban. Sebaliknya, suhu dingin akan memperlambat gerak partikel sehingga ban akan kehilangan tekanan/ban kempes.

untuk orang awam seperti saya alasan ini mungkin lebih masuk diakal, karena memang suhu sedang dingin memasuki musim hujan ini.

Dan untuk sementara saya akan mencoba mencoba trik ini yaitu menggunakan Gas Nitrogen, gas ini lazim digunakan sebagai gas pengisi ban. karakteristik gas Nitrogen yang stabil menyebabkan gas ini tidak mudah mengalami perubahan energi kinetik baik dalam kondisi panas ataupun dingin. Dengan kata lain, ban ini memiliki tekanan yang awet.

Dan jika masih kempes terus setiap pagi, mungkin penggunaan ban dalam jadi solusi.

 

Advertisements

Actions

Information

23 responses

21 11 2013
#99 bro.

pertomaxxx

21 11 2013
dhanicsetio

petromini 😆

22 11 2013
kidemang soegax

:mrgreen:

21 11 2013
tzuwanto

Pertadex..

21 11 2013
andrepdarmono

ban-nya dikasih alas dari kayu/papan mas… semalaman biasanya aman dan seminggu tanpa digerakan baru kelihatan ada perubahan berkurang tekananya.

22 11 2013
kidemang soegax

oh gitu ya, pernah mengalami hal yg sama mas?

21 11 2013
Aa Ikhwan

pinggir2 velg dah disabun jg ? :mrgreen:

22 11 2013
kidemang soegax

hahhaa sudah masberoh :mrgreen:

22 11 2013
adoot

pentilnya bocor bro

22 11 2013
Jaya MotoSport

teko gw rene wae

22 11 2013
kidemang soegax

hahahaa…ameh diapakno koh? :mrgreen:

22 11 2013
bunciskentang

botjor di velg kali om,ato di karet pentil..
sejauh itu emang bener. kemaren si onta ganti ban+nitrogen. tinggal semalem dah kempes.
coba kalo parkir posisi pentil puter keatas om.

22 11 2013
bunciskentang

ato ga pake ini nih… wkwkwk
drpada pake yang ga jelas merjgnya ini dah lumayan terbukti 😀

m.kaskus.co.id/thread/000000000000000016145228/michel-tambal-ban-tanpa-kompresor

23 11 2013
kidemang soegax

sudah dicek dicemplungin bak air gak ada rembesan udara di velg atau ban

25 11 2013
Om Gasat!

apapun bannya, seminggu sekali cek tekanan udara 😎

25 11 2013
Adhitya Ramadian

coba cek pentilnya, punya saya dulu begitu, ternyata bocor lwt situ

25 11 2013
kidemang soegax

udah sob. gak ada bocor sama sekali

27 11 2013
laoman

tambahan…Gas Nitrogen (N2) molekulnya lebih besar tetapi massanya lebih kecil, Oksigen molekulnya kecil massanya lebih besar…..jadi lebih mudah menembus side wall rubber

27 11 2013
kidemang soegax

mantep mas
ringkas tapi jelas
keren

28 11 2013
laoman

karena massa yang lebih kecil maka berpengaruh juga sama kosumsi bahan bakar walaupun tidak signifikan….

28 11 2013
kidemang soegax

kalo itu dulu temen sudah membandingkan antara udara biasa dan nitro
makasih mas laoman ulasannya :like:

28 11 2013
werengsawah

kadar nitrogennya berapa % mas?
kalo dibawah 72% mah sama aja boong 😀

30 11 2013
ipanase

nitrtrogen 99 persen awet 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: