Advertisements

Pesan kepada Pemudik : Jangan Beribadah dengan Mendzolimi diri

15 08 2011

Mudik adalah ritual yang memang ditunggu dan selalu dilakukan oleh para perantau, entah itu di ibukota atau didaerah daerah lainnya. Hakikat dari mudik sendiri menurut saya sangatlah mulia, adalah melakukan silaturakhim dengan orang tua, sanak saudara, kerabat, teman dll. Akan tetapi sesuatu yang baik haruslah dilakukan dengan cara yang baik, jangan dengan memaksakan atau mendzolimi diri sendiri. sehingga Ridho Sang Pencipta akan kita raih..

Mendzolimi diri? kok bisa??? ya tentu bisa, dengan melakukan perjalanan tanpa mengindahkan keselamatan apa itu gak mendzolimi diri sendiri? dengan menggunakan media yg seharusnya digunakan tidak melebihi batas tapi tetap dipaksakan, sehingga timbul antara manfaat dan mudhorot (keburukan) lebih banyak mudhorotnya.

Contohnya yg jamak dilakukan oleh para pemudik motor, sering dijumpai beban terlalu banyak, penumpang dan barang bawaan melebihi kemampuan, yang mengakibatkan berkurangnya daya kontrol pengemudi/rider terhadap kendaraannya. Belum lagi anak2 yg dibawa rawan sekali terkena penyakit, bahkan dibeberapa kasus banyak yg meninggal diperjalanan dikarenakan kondisi tubuh tidak mampu menahan terpaan angin dan cuaca diperjalanan.

Bahkan pemerintah pun tidak menyarankan untuk tidak menggunakan motor untuk sarana mudik, memang ada benarnya juga.. untuk mengurangi angka kecelakan ketika musim mudik. tapi kita tahu sendiri roda 2 adalah sarana transportasi yang merakyat, karena relatif murah, cepat, dll

Mungkin ada sedikit tips untuk para pemudik Roda dua agar tidak “mendzolimi’ diri sendiri:

A. Check up ke Bengkel

Untuk cara yang praktis dan singkat, bisa membawa kuda besinya ke bengkel langganan terpercaya. Periksa segala keluh kesah kuda besi dan bila ada piranti yang wajib diganti, segera lakukan. Ada baiknya melakukan servis satu minggu sebelumnya. Hal ini untuk memberi waktu antisipasi bila terjadi sesuatu dengan motor.

B. Cek Kondisi Motor

Pastikan kondisinya fit dan dapat berfungsi dengan baik. bisa memulainya dari sistem kelistrikan seperti starter, lampu utama dan lampu sein, lampu belakang dan lampu rem hingga klakson. Lalu, lanjutkan pengecekan pada beberapa komponen sepeda motor mulai dari mesin, kekentalan oli, karburator, kampas rem, shock depan dan belakang, gear dan rantai, tekanan angin ban depan dan belakang sampai rem depan dan belakang. Semuanya itu harus bisa diandalkan dan beroperasi secara maksimal.

c. Jangan Berlebihan
Sejatinya kuda besi dirancang bukan untuk membawa muatan berlebih. Dalam buku petunjuk telah ditetapkan berat maksimum yang bisa ditampungnya. Untuk itu, buat Bikes yang suka membawa barang bawaan berlebihan plus membawa pasangan dan anak, alangkah indahnya bila mudik dengan motor dibatalkan. Karena selain berpengaruh terhadap pengendalian handling, hal ini beresiko kecelakaan. Cara cerdik mensiasatinya dengan menerapkan tempat khusus yang didesain untuk membawa barang, seperti tail box, side box maupun tank bag. Tapi bila memaksa membawa barang bawaan secara manual, usahakan pengaturan dan cara pengikatannya yang benar.

pokoknya jangan mendzolimi diri sendiri.. bijaklah dalam melakukannya.

atau bisa beralih ke alat transportasi ini, kalo alat transportasi ini sapa ya yang dzolim????? 👿  jawab sendiri :mrgreen:

 

Ya Allah Mudahkan mereka dalam bersilaturakhim dijalanMu…

 

 

 

 

 

 

 

Advertisements

Actions

Information

10 responses

15 08 2011
ipanase

asekkk, makin rame kan makin asikk kang

15 08 2011
ki demang

haha… yen sepi ra ono seni ne :mrgreen:

15 08 2011
B M W ♣

Motor tetap jadi pilihan utama

16 08 2011
ki demang

tp ttp kudu safety 🙂

15 08 2011
#99 bro

mudik midik mudikkk

16 08 2011
ki demang

midik??

15 08 2011
nick69coolrider

^Opo kui midik?
:mrgreen:

16 08 2011
ki demang

salah ketik ketoke :mrgreen:

16 08 2011
19 08 2011
ki demang

seeepppp!!! menuju ke tkp 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: